Jumat, 22 Februari 2013

Menjual Affiliate Program Dalam Sebuah Blogsite


Apakah Menjual Lebih dari Satu Affiliate Program Layak Dilakukan dalam Sebuah Blogsite.


Ide pertanyaan ini saya layangkan ke Pak Joko Susilo dan saya mendapatkan jawabannya melalui artikel tanya jawab beliau seperti yang saya share berikut ini dengan Anda.

Thanks a lot to Pak Joko untuk share artikelnya.

persentase iklan dalam situs webAda pertanyaan menarik dari Pak Uki Salam di sini. Begini pertanyaannya.  
"Pak Joko, I have this stupid question. Kalau kita temukan lebih dari satu niche market, bolehkah di posting jualannya di satu web/ blog. Atau berapa sih, maksimal isi niche yang ideal untuk satu web? supaya jualannya bisa hot sold?"
Tengkiu, Pak Joko..











Ingin tahu jawabannya? 
Joko: Menjawab pertanyaan ini sebenarnya amat bergantung.
Tanya: Tergantung dari apa Pak Joko?
Joko: Bergantung dari konsep situs yang ingin Anda bangun, posisi anda, dan strategi anda.
Tanya: Belum jelas bagaimana maksudnya Pak? Contohnya Pak?
Joko: Begini. Misalkan anda ingin buat blog bisnis, konsepnya apakah nantinya blog tersebut membahas segala macam bisnis, atau bisnis online saja, atau bisnis offline saja. Lalu misalkan anda sudah punya gambaran kalau nantinya anda akan buat produk sendiri. 
Nah, nantinya produk apa saja yang bisa anda pampang di blog anda ini. Ini kalau dalam posisi anda sebagai pemilik produk.
Begitupun kalau anda sejak awal menetapkan tujuan untuk membuat web demi tujuan affiliate atau reseller. 
Sejak awal anda sudah punya gambaran kalau nantinya situs/web/blog yang hendak anda bikin ini nantinya akan digunakan untuk affiliate misalkan untuk affiliate hosting atau affliate situs belanja online.
Tanya: Pak Joko, terus maksimalnya saya bisa isi berapa buah iklan produk tuh Pak?
Joko: Boleh tiga buah.
Tanya: Apakah itu yang terbaik pak?
Joko: Kalau secara teorinya, semakin fokus suatu pesan akan meningkatkan rasio konversi. karena itu kalau anda lihat ada yang misalkan membuat minisite untuk jual satu produk itu dilakukan demi untuk hal tersebut. 
Kalau sudah pelajari formulabisnis pasti ngerti maksudnya…
Kalau secara teori lagi, suatu halaman web boleh diisi space untuk advertising sekitar 30 persen. Maksudnya, ya demi kenyamanan user experience. Jadi pengunjung tidak merasa terganggu dengan iklan yang berjejal-jejal.
Tanya: Tapi saya pernah lihat ada situs yang isi jualannya banyak sekali pak?
Joko: Ya karena itu kembali ke diri masing-masing pemilik web/situs/blog. Mungkin dari pengalaman dia itu yang lebih baik.
Tanya: Lho kok bisa begitu Pak?
Joko: Ya, karena terkadang di bisnis bukan suatu yang matematis: 1+1=2. Misalkan begini, ada dua orang menggunakan metode yang sama, langkah-langkahnya sama, waktu startnya sama, resource yang digunakan sama, niche-nya pun sama, namun misalkan dalam jangka tiga bulan itu hasilnya bisa berbeda.
Seperti juga misalkan dengan traffic 10.000 visitor per hari anda dapatkan katakanlah 100 dollar. Ketika traffic anda tingkatkan misalkan jadi 20.000 visitor belum tentu anda dapat 200 dollar. Bisa kurang dari itu atau lebih.
Tanya: Loh kok? Tambah bingung saya..
Joko: Saya percaya tetap ada campur tangan Sang Maha Pencipta. Rejeki itu ada yang ngatur. Sebab itu banyak-banyaklah berdoa dan bersedekah. Tugas kita tentu saja tak lupa ACTION!
Tanya: Oh begitu ya Pak…
Joko: Iya, harus wajib dan kudu ACTION. ACTION harus senantiasa dilakukan. Setelah ACTION pasti ada hambatan yang ditemui. 
Dari sana kita kembali diajak untuk menemukan solusinya dan kembali ACTION.
Ya, begitulah tugas kita sebagai manusia. Untuk selalu ACTION mencoba untuk jadi yang lebih dan lebih baik. Soal hasil, serahkan pada Yang Maha Kuasa.
Tanya: Kalau web seperti Amazon dan Viralgen itu kan jualannya banyak pak. Satu web isinya jualan semua. Terus bagaimana?
Joko: Ya itu memang untuk situs jualan. Sejak awal pemiliknya memang meniatkan untuk dibuat demikian.
Tanya: Oh demikian ya Pak. Terimakasih banyak Pak. Kalau ada pertanyaan lagi, saya teruskan nanti.
Joko: Terimakasih juga.
Sengaja posting kali ini saya buat dalam bentuk tanya jawab. Biar lebih variatif dan tidak membosankan buat rekan-rekan sekalian. :)
Kalau ada pertanyaan dan komentar, silahkan disampaikan atau boleh dilanjutkan dengan berdiskusi di bawah ini.
Salam ACTION!

Enhanced by Zemanta

2 komentar:

  1. nice blog sob..
    salam kenal sob..
    thanks ya uda berkunjung di blog sya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Sobat.
      Saya malah masih belajar ngeblog dulu.. Thanks komennya ya.

      Hapus